Warna merupakan ungkapan ekspresi dan jiwa manusia. Namun tidak semua warna cocok untuk semua tema dan konsep arsitektur. Berikut ini ada beberapa tip yang dapat membantu memadukan warna yang sesuai dengan tema dan konsep arsitektur bangunannya.

1. Untuk eksterior, plhlah warna yang tidak terlampau kuat (dove) dan disesuaikan dengan tema serta konser arsitektur bangunannya.
2. Padukan beberapa warna dengan melihat lingkaran warna (color wheel). Ada beberapa pilihan tema warna, monokromatik, komplementer atau analogos.


3. Untuk rumah atau bangunan berkonsep tradisional, dapat menggunakan warna-warna netral. Pemakaian warna terang dapat diaplikasikan di profil atau aksen bangunan.
4. Pada bangunan berkonsep tradisional hindarkan pemakaian warna terang seperti oranye dan kuning.
5. Untuk bangunan yang memiliki tema mediterania dapat menggunakan warna yang berasal dari gradasi warna coklat.
6. Warna abu-abu dan putih dengan sedikit warna aksen, sesuai untuk bangunan yang memiliki konsep arsitektur modern (minimalis).
7. Gradasi warna biru dan hijau yang berkesan dingin atau warna bumi seperti coklat tanah, merah bata maupun abu-abu yang termasuk kategori warna menenangkan cocok diterapkan pada ruang yang membutuhkan banyak konsentrasi seperti ruang kerja, ruang baca dan kamar tidur.
8. Warna cerah seperti oranye, kuning, peach atau pastel, sesuai untuk diterapkan pada ruang keluarga, ruang bermain, ruang tamu, dapur, teras maupun carport.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

3 responses »

  1. Terima kasih atas “Tip Memadukan Warna Dengan Tema Rumah”.
    Sangat bermanfaat………

  2. anto020681 says:

    sangat cocok untuk membangun rumah ideal, juga sangat membantu dalam memperbaiki tatanan warna rumah. terimakasih

  3. agus says:

    pak mo tanya untuk dinding teras depan rencananya satu meter kebawah memakai batu candi,sedang diatasnya pasangan keramik…menurut bapak sebaiknya warna apa…kalo dengan keramik warna coklat muda kira2 gimana pak? makasih sebelumnya

    Terima kasih Pak, atas kunjungannya di blog kami. Mengenai padu padan warna seperti yang Bapak tanyakan, kami memberi sedikit tips, berhubung batu candi memiliki warna yang gelap (cenderung abu-abu ke hitam) maka lebih mudah dalam memadukan warna. Hanya yang perlu saya tekankan bahwa sebaiknya warna keramk yang akan dipadukan berwarna terang. Hal ini berkaitan dengan persepsi ruang agar tidak terlihat sempit. Untuk warnanya bisa memakai warna keramik abu-abu muda (terang) sehingga berkesan monochrome, jika pilihan warna bapak coklat sebaiknya pilih warna coklat muda yang cenderung ke arah warna kuning. Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s