Sebagai bagian dari pola mendidik anak untuk mandiri, orangtua mulai menyiapkan kamar tidur khusus untuk anak sejak mereka masih berusia dini. Anak-anak mempunyai kamar sendiri lengkap dengan parabot yang mendukung aktivitas mereka. Dengan memiliki kamar sendiri, anak-anak juga dibiasakan untuk bertanggung jawab terhadap apa yang mereka punya. Berikut beberapa tip untuk merencanakan kamar anak.
1. Pilihlah lokasi kamar anak yang jauh dari pintu utama agar lebih mudah diawasi. Jangan lupa memberi pelindung yang aman pada pintu dan jendela agar anak tidak mudah terjepit.
2. Berikan warna-warna yang berkesan ceria untuk membantu merangsang kreativitas dan biarkan anak berimajinasi dengan menaruh tokoh favoritnya serta menjadikan pernak-pernik tokoh favoritnya aksesoris di dalam kamar miliknya.


3. Pastikan sirkulasi udara dan cahaya lami dapat masuk. Untuk pemasangan lampu pastikan utilitasnya jauh dari jangkauan anak.
4. Usahakan lantai kamar dalam kondisi rata dan tidak licin agar tidak membahayakan anak bila sedang bermain.
5. Pilih furnitur yang kokoh dan tidak mudah roboh bila dipanjat serta memiliki ukuran yang sesua dengan tinggi sang anak. Minimalkan detail yang memiliki bagian sempit agar anak tidak mudah terjepit. Hindarkan pula furnitur yang memiliki sudut tajam agar tidak membahayakan anak (menimbulkan luka).
6. Perlunya pengorganisasian yang baik pada tempat penyimpanan mainan, pakaian dan perlengkapan sekolahnya.
7. Pilihlah perlengkapan dan perabot kamar yang terbuat dari bahan bebas toksin (racun) dan tidak menyebabkan alergi.
8. Bila anak harus berbagi kamar dengan saudaranya usahakan memakai tempat tidur yang terpisah, bertingkat (bunk bed) atau membagi kamar menjadi dua untuk melatih mereka agar bertanggungjawab terhadap miliknya masing-masing.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

15 responses »

  1. Jazili says:

    Mantap juga Tip-triknya…, tapi saya rasa, untuk saat ini meliatkan sang anak secara langsung dalam mendesain kamar mereka merupakan hal yang wajib, kita nggak mau kan susah2 mnetukan tema ternyata mereka nggak suka….
    🙂
    http://www.belleinterior.com

  2. Thomy says:

    boleh saya copy gambar nya yach🙂

    Monggo silakan Bapak….semoga bermanfaat….

  3. Titi nr says:

    Minta tlong gambar tempat tidur bersusun. Di kirim ke emaiq ya. Thanks

    Gambar yang Ibu inginkan sudah kami kirimkan melalui email. Semoga berkenan, terima kasih atas kunjungannya

  4. joan says:

    boleh minta tolong gambarkan interior kamar remaja usia 17thn..
    ukuran 3×3 meter, dan saya suka warna merah dan saya juga termasuk penggemar hal-hal yang berbau jepang.. bisakah beri gambaran untuk interior kamar saya tsb, dari segi furniture dan paduan wananya..
    tolong kirimkan ke email saya ya.. trima ksih bnyak..

  5. Fatimah Az-Zahra says:

    Lucu abissssssssssssssss

    Terima kasih atas apresiasinya…..

  6. nono says:

    aku mo minta tolong digambarkan kamar untuk anak ukuran 3×3 mtr…didalamnya ada kamar, almari, tempat belajar…..trimakasih bantuanya ya pak…..diemail…..

  7. Yurika says:

    mau minta tolong, saya mau mendesain kamar untuk putri saya, sekamar berdua, pertama usia 6 tahun, kedua usia 3 tahun. bentuk kamar memanjang, ukuran 170x440cm. terimakasih.

  8. toto says:

    bisa minta tolong nggak, saya toto..
    umur saya 18 tahun, kamar saya 2×3 meter..

    cara ngedisainnya gimana yah..

    makasih

  9. Eddy Suryadi says:

    minta bantuannya dong..minta dibikinin dekorasi kamar tidur saya…karna sy sudah merasa sumpek..penat kepengen yang lebih hidup gitu… ukuran kamar 2,5 x 2,5 m. saya laki-laki umur 22th..kan kalo terlalu banyak barang jd sempit gmn supaya terlihat luas……..terimakasih sebelumnya… kirim ke email ya…..:)

  10. DICO says:

    mantap bro moga bermanfaat bagi kami trima kasih buanget yo…moga aada kreasi yang lebih top markotop

    Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, semoga bermanfaat

  11. DEBBY says:

    minta tolong dong,desainin kamar anak saya uk.2×3 meter.pake ranjang tingkat dan ada lemari 3 pintu.thanks

  12. Debby says:

    Mìnta tlg desinin kamar anakku.uk.2x3m.disitu ada ranjangtingkat sm lemari 3pintu.

  13. reesya says:

    bisa minta tolong desain gabungan lemari pakaian, meja belajar dan tempattidur untuk anak kembar pak.

  14. kayak gini pun boleh…
    orang cuma buat 1 orang.

  15. Wah…..Menarik Juga Tips-nya…
    Sibuah hati pasti akan senang.
    JIKA INGIN MENCARI PERLENGKAPAN FURNITURE ANAK, kami telah menyiapkan untuk anda

Leave a Reply

