1. Berbeda dengan teras depan, teras belakang merupakan area yang sifatnya privat dan tempat seluruh anggota keluarga berinteraksi. Sehingga faktor kenyamanan harus diutamakan.
2. Teras belakang bisa merupakan perluasan dari ruang keluarga atau ruang makan, sehingga jika ada acara yang melibatkan anggota keluarga dalam jumlah banyak teras belakang ini bisa dipergunakan.


3. Teras belakang bisa menjadi ruang multifungsi, penataannya tergantung fungsinya. Teras dapat difungsikan sebagai ruang duduk-duduk keluarga, ruang makan maupun ruang baca.
4. Penataan teras harus memperhatikan konsep bangunan dan interior rumah.
5. Sesuaiakan besaran funiture dengan luasan teras. Jika teras memiliki luasan yang tidak terlalu besar maka usahakan furniture yang dipergunakan tidak terlalu besar namun tetap nyaman. Furniture yang dipakaipun disesuaikan dengan fungsinya. Misal, jika teras digunakan untuk ruang makan, tempatkan satu set meja dan kursi makan.
6. Pemilihan meterial lantai, ornamen dinding ataupun tiang harus serasi dengan materi yang digunaan pada bangunan utama dan ruang dalam agar penataan desain teras harmonis dengan ruang dalam.
7. Pilih material (lantai, dinding, ornamen) yang tahan terhadap cuaca mengingat ruangnya bersifat semi eksterior.
8. Teras belakang harus memiliki ruang gerak yang cukup, sehingga dapat diisi dengan perabot untuk bersantai.
9. Sisakan lahan untuk taman kecil supaya ada area untuk resapan air. Jika luasnya memungkingakan tambahkan unsur air (kolam). Kolam dapat membuat suasana ruang menjadi tenag dan nyaman, sekaligus menyejukkan.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s