Memiliki taman yang tertata sungguh merupakan hal yang menyenangkan. Namun kondisi tanaman di taman tentu sering berubah. Berikut beberapa tip agar taman selalu indah dipandang.
A. Kebersihan
Kebersihan taman menjadi salah satu prioritas utama. Perhatikanlah kebersihan taman terutama dari benda-benda yang tidak diperlukan seperti barang-barang bekas (kayu sisa, ember bekas, kantong plastik dan lain-lain) serta sampah daun, ranting jatuh dan sebagainya. Taman yang bersih akan memberikan kesan terawat, bebas dari sarang penyakit seperti nyamuk dan hama tanaman lainnya.


B. Perawatan Berkala
1. Perawatan berkala dibutuhkan agar tanaman di taman tetap segar, daunnya tetap mengkilap dan bunganya mekar dengan baik. Perawatan ini dimulai dari penyiraman secara teratur minimal 2 kali sehari, sebelum jam 10 pagi dan sesudah jam 3 sore.
2. Gunakan garpu tanah atau sendok semen, untuk mendangir atau membongkar tanah agar tidak keras dan ada sirkulasi udara dalam tanah. Lakukan 3-4 hari sekali.
3. Potong daun-daun kering, ranting atau dahan yang patah serta bentuk kembali tanaman yang memang bisa dibentuk atau dipangkas seperti tanaman pangkas.
4. Gunakan pupuk NPK dengan perbandingan seimbang, sesuai petunjuk setiap satu bulan sekali. Sebagai catatan, apabila menginginkan tanaman berdaun indah, pupuk dengan kadar N (nitrogen) komposisinya lebih besar dibandingkan P dan K nya. Kalau ingin berbunga indah kadar P (phospor)nya lebih besar dibanding yang lain. Pupuk kandang juga dapat digunakan untuk memperbaiki struktur tanah, gunakan apabila tanah di taman sudah mulai mengeras.
5. Untuk mencegah serangan hama, bisa mempergunakan insektisida untuk serangga, herbisida untuk gulma atau tanaman liar, fungisida untuk hama jamur. Gunakan sesuai petunjuk pemakaian dari masing-masing obat tersebut.
C. Elemen atau Furniture Taman
Perlu perawatan secara berkala bagi elemen-elemen taman seperti patung, batu hias, kolam, pot, gazebo, bangku taman dan perlengkapan lampu taman.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s