Beban kerja yang demikian besar seringkali memaksa kita membawa pekerjaan kantor untuk diselesaikan di rumah. Atau bagi mereka yang bekerja mandiri di rumah, tentu memerlukan sebuah ruang kerja. Agar pekerjaan di rumah menjadi kegiatan menyenangkan, tidak salah jika kita menyediakan sebuah ruang khusus untuk bekerja. Tidak jarang kita akan menghabiskan banyak waktu di ruang kerja tersebut. Untuk itu pastikan bahwa desainnya sudah tepat. Berikut beberapa tip untuk mendesain sebuah ruang kerja menjadi ruang yang nyaman dan menyenangkan.
1. Langkah pertama adalah memilih bentuk ruang. Pilihlah ruangan yang cukup luas dan tersedia fasilitas pendukung seperti sambungan listrik dan telepon serta memiliki penghawaan (jendela dan lubang angin) yang baik.


2. Perhatikan anggaran biaya bila budget cukup besar, anda bisa membuat loteng, merancang ulang garasi atau membuat ruang tambahan untk dijadikan ruang kerja. Namun jika anggara terbatas, gunakan saja ruang yang sudah ada.
3. Bila anda lebih sering berada di ruang kerja, sebaiknya buat ruang khusus yang terpisah dari ruang-ruang lainnya. Hal ini untuk meminimalkan gangguan yang mungkin ditimbulkan dari perkerjaan rumah tangga sehari-hari, suara televisi atau anggota keluarga lain.
4. Buat perencanaa yang matang untuk mneyusun parabot dan peralatan ruang kerja dengan menggambar layout.
5. Pilih furniture yang nyaman dari segi ukuran serta keawetannya sehingga anda bisa menikmati saat bekerja dan menghindari terjadinya sakit, luka atau stress yang diakibatkan ketidaknyaman bentuk furniture.
6. Pilihlah warna ruangan yang bisa mempengaruhi semangat serta mendatangkan inspirasi pada saat anda bekerja. Bisa memilih warna yang lebih terang untuk langit-langit ruang. Sedangkan dinding bisa memilih warna yang bersahabat dan cenderung berkesan energik seperti merah, oranye atau kuning. Berkesan klasik, berwibawa dan canggih untuk warna biru dan indigo. Sedangkan merah bata dan kuning pisang bisa membangkitkan kreativitas. Sesuaikan warna dengan karakter anda.
7. Pilihan warna untuk ruang kerja sebaiknya menggunakan warna netral dan tidak terlalu tua seperti biru tropis, warna gading (ivory) maupun salem. Warna yang cenderung terang menimbulkan kesan silau sehingga bisa mempengaruhi konsentrasi kerja anda.
8. Berikan sentuha pribadi pada semua barang pada ruang kerja. Bisa berupa benda-benda favori seperti foto, benda seni, tanaman maupun musik sehingga dapat menambah semangat dan merangsang kreativitas anda.
9. Bila masih ada cukup ruang tambahkan sofa atau kursi baca. Perabot ini sangat berguna pada saat anda membutuhkan perubahan suasana.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s