Sesuai nama dan fungsinya, kamar tidur utama adalah bagian dari rumah yang perlu mendapat perhatian lebih. Di kamar inilah pemilik (baik yang masih sendiri maupun suami istri) menghabiskan waktu paling banyak. Sehingga dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di ruang ini maka perlu sebuah trik untuk menyiasati kebosanan yang terkadang muncul. Berikut beberapa tip yang bisa dipergunakan untuk menata kamar tidur utama.
1. Kamar tidur utama merupakan tempat pribadi. Fungsi utamanya adalah tempat untuk beristirahat, karena itu titik tolak perancangan maupun penataannya sebaiknya disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan dari pemiliknya.


2. Karena tempat tidur merupakan perabot utama yang dominan dalam ruangan maka pemilihan ukuran tempat tidur memegang peran yang cukup penting. Perhatikan proporsi antara tempat tidur dan luasan ruang. Hal ini dimaksudkan agar kesan keintiman dalam kamar tidur tetap terjaga.
3. Hampir 1/3 waktu kita dalam sehari digunakan di dalam tempat tidur. Karena itu pilihlah matras yang baik dan berkualitas, supaya kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.
4. Perhatikan kesehatan kamar tidur terutama kualitas udara dalam ruang. Sediakan bukaan dan ventilasi yang mencukupi supaya aliran udara dalam ruang lancar dan sinar matahari bisa masuk. Jangan lupa membuka pintu atau jendela terutama pada pagi hari agar udara dalam ruang bisa bertukar dengan udara luar yang lebih bersih dan segar.
5. Supaya suasana kamar tidur terasa nyaman, pilihlah warna-warna sejuk seperti hijau, biru maupun warna-warna pastel. Jika menyukai warna-warna terang atau berani, seperti merah guanakan sebagai aksen saja supaya atmosfer ketenangan dalam kamar tidut tetap terjaga.
6. Atur lighting dalam kamar tidur untuk membentuk mood ruangan. Gunakan general lighting untuk menerangi seluruh aktivitas dalam kamar dan task lamp untuk kegiatan yang lebih spesifik seperti tidur atau membaca.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s