Menjaga dapur agar tetap bersih dan indah memang bukan pekerjaan mudah. Hai ini karena di area ini dipergunakan untuk aktivitas memasak yang seringkali menghasilkan berbagai macam sampah. Semaikin tinggi aktivitas dapur tersebut semakin tinggi pula samapah yang dihasilkan. Berikut ini kami sajikan beberapa tip yang bisa membantu anda untuk memiliki dapur yang indah.
1. Sesuakanlah konsep dapur dengan konsep utama dari interior rumah. Hal ini harus direncanakan sejak awal dan hendaknya sesuai dengan kepribadian anda.
2. Sesuaikan kebutuhan dengan luasan dapur yang akan ditata agar dapat mewadahi semua aktivitas dan perabotan memasak yang dipunya.
3. Sesuaikan ketinggian meja, bak cuci dan lemari penyimpanan agar mudah dijangkau.
4. Sebaiknya pemilihan letak dapur berada di area yang mendapat pencahayaan sinar matahari dan penghawaan langsung. Karena sinar matahari dan penghawaan langsung (alami) dapat membunuh bakteri serta menghindari adanya tikus dan kecoa. Sedangkan ventilasi yang baik untuk menghindari keracunan dan bahaya akibat gas yang bocor serta asap kompor. Jika terletak di tengah ruangan gunakan cooker hood untuk mengalirkan udara.


5. Pilihlah meterial yang tahan api dan panas untuk perabot di sekitar kompor, seperti marmer, granit, keramik maupun stainless steel.
6. Hindari pemakaian asbes untuk plafon. Bisa memilih material lain seperti gipsum atau kayu.
7. Dinding dan langit-langit (plafon) dapur sebaiknya decat dengan cat berbahan dsar air bukan minyak.
8. Jika finishing dapur menggunakan vernis, angin-anginkan selama beberapa hari sebelum dapur digunakan untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan.
9. Jangan meletakkan benda-benda yagn mudah terbakar (kain lap, kertas pembungkus dan lain-lain) di dekat area memasak (kompor). Simpanlah di tempat yang agak jauh atau masukkan ke dalam lemari penyimpanan.
10.Sediakan alat pemadam api atau karung goni basah untuk berjaga-jaga seandainya terjadi kebakaran.

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

One response »

  1. gunar says:

    good article. tks

    Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s