Kamar mandi sekarang ini bukan hanya menjadi tempat membersihkan diri. Namun mulai berkembang menjadi ruang untuk menikmati waktu pribadi dan melepas kepenatan setelah beraktivitas seharian. Hal ini menjadikan kamar mandi perlu mendapat sentuhan penataan yang baik agar terasa lebih nyaman. Mulai dari pemilihan material hingga penataan perabot. Berikut beberapa tip agar membuat kamar mandi menjadi lebih nyaman.
1. Buatlah sebuah ide dan konsep tentang desain kamar mandi. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat referensi dari majalah, internet maupun media-media lainnya.


2. Ukuran kamar mandi kering minimal 1,5 m x 1,5 m namun hal ini masih tergantung dari perangkat yang akan dimasukkan dalam kamar mandi. Semakin banyak dan besar ukuran perangkat sanitair yang akan dipakai tentu makin besar pula kebutuhan ruangnya. Misal jika ingin menggunakan bathup, setidaknya ukuran kamar mandi tidak kurang dari 2 m x 2 m.
3. Buatlah daftar I need dan I want, kemudian komposisikan antara kebutuhan dan keinginan anda tersebut.
4. Supaya hasilnya lebih maksimal, cari bantuan profesional (arsitek atau desainer interior) bila ingin menambah kamar mandi baru atau memperluas kamar mandi yang sudah ada.
5. Sediakan anggaran yang anda butuhkan untuk mewujudkan kamar mandi idaman, tentunya disesuaikan dengan kemampuan.
6. Pilihlah sanitair kamar mandi (wastafel, bak mandi dan kloset) dengan kualitas baik sehingga bisa tahan utnuk pemakaian jangka panjang.
7. Semua elemen pendukung, warna dinding, handuk, karpet, gambar dan aksesori disesuaikan dengan konsep yang sudah dipilih sehingga terlihat menyatu.
8. Untuk membangkitkan semangat, pilihlah benda seni yang dapat dinikmati ketika menghabiskan waktu cukup lama di kamar mandi.
9. Tambahkan detail sederhana, seperti rak panjang di salah satu dinding yang bisa dipergunakan untuk memajang koleksi benda-benda kecil seperti botol parfum.

About these ads

About 19design

Architecture Interior and Landscape's solution

3 responses »

  1. TADIN says:

    TEMBUS PANDANG BO…..

  2. anto020681 says:

    pemakaian ruangan sangat bergantung pada furnitur yang akan dimasukan ke kamar mandi, akan lebih baik menggunakan furniture minimalist agar ruangan kamar mandi lebih hemat dalam pemanfaatan ruangan.

  3. sigit says:

    salam kenal

    kalau untuk lampu kamar mandi supaya berkesan sejuk mengarah ke hangat pakai apa ? ada saran? soalnya saya tinggal di kota sejuk dan panas alias panas dingin, kota malang.trims

    Terima kasih Mas Sigit atas komentarnya, untuk pemakain lampu kamar mandi agar lebih berkesan sejuk (tidak panas) dan dingin, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis lampunya.
    1. Jika memakai jenis lampu downlight dengan lampu jenis SL, bisa memakai lampu yang warm light (berwarna kekuningan). Selain berkesan lebih hangat, cahaya lampu berwarna kuning bisa memberikan kesan artistik
    2. Kemudian perhatikan jarak pemasangan lampu, di dalam pembungkus produknya biasanya terdapat keterangan tentang jarak pemasangan lampu dari lantai, kemudian arah persebaran sinarnya. Agar tidak terkesan terlalu panas dan silau perhatikan jarak pemasangan lampu dari lantai. Ketinggian yang bisa dipergunakan adalah 3 m.
    Barangkali itu sedikit tip dari kami, semoga bermanfaat jika masih ada pertanyaan silakan hubungi kami kembali…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s